KISAH HANTU WASHINGTON IRVING

Posted by

CSH - Nama Washington Irving sangat akrab sekali di dunia sastra. Ia seorang penulis pada abad 19, dia menjadi sastrawan terbaik Amerika pertama yang diakui Negara Eropa.

Namanya sangat dikenal baik sebagai salah satu pengarang cerita pendek Rip van Winkle dan The Legend of Sleepy Hollow. Walaupun kemudian ia juga sering terkenal sebagai penulis serba bisa dalam bidang esai, sejarah dan biografi.

Washington Irving sangat terkenal ketika semasa hidupnya. Namun ada sekelumit bagian kisah mistis setelah kematiannya. Namun certa mistisnya masih tidak setenar cerita karangannya. 

Konon ada sejumlah saksi mata melihat  penampakan roh Washington Irving yang menghantui dirumah pribadinya dan sebuah tempat biasa dia bekerja diperpustakaan di kawasan New York.

semenjak Irving meninggal dunia pada bulan November 1859, sejumlah para saksi mata mengatakan pernah melihat penampakan dari hantunya. Namun beberapa dari laporan tentang hantu Washington Irving kemudian diklarifikasi Cuma sebagai salah identifikasi.

Ada sebuah laporan cerita dari JG Cogswell, seorang dokter yang dulu sering bekerja pada perpustakaan Astro Library (kini New York Public Library) hingga sampai larut malam. 

Suatu malam ia melihat sesosok lelaki yang sepertinya tak asing baginya sedang tengah membaca di sudut rak ruang utama perpustakaan. Padahal Cogswell tahu betul,  Cuma dia sendiri yang waktu itu berada di dalam perpustakaan.

Karena penasaran, Cogswell lalu pergi menghampirinya dan bermaksud untuk menegurnya. Saat Cogswell mendekatinya, sosok itu dengan segera meletakkan bukunya kembali ke rak lalu menghilang raib secara mendadak. 

Cogswell waktu itu sangat terkejut bukan main, namun kemudian ia mencoba untuk tenang dan menganggapinya kalau itu Cuma sekedar bayangan Irving temannya.

Beberapa hari kemudian di malam hari yang lainnya, Cogswell kembali melihat sosok yang sama. Namun Kali ini bisa lebih dengan tenang dan secara diam-diam ia mendekatinya dari belakang, ia berupaya untuk memastikan siapakah sosok orang itu sebenarnya. 

Begitu mendekat ia memerhatikan wajah dan sosoknya namun tak lama kemudian sosok itu menghilang lagi.
Walaupun terkejut, Cogswell memastikan kalau itu bukanlah hantu Irving, melainkan rekannya  lainnya yang juga baru meninggal dunia.

Cogswell  kemudian melaporkan pada atasan manajemen perpustakaan nya tentang penampakan yang ditemuinya, namun dari pihak manajemenya sendiri menangapinya dengan dingin dan malah menyuruh Cogswell agar untuk cuti bekerja, karena lantaran terlalu lelah bekerja, sehingga melihat ilusi bayangan seolah-olah nyata.

Kejutan lain datang dari cerita laporan Pierre Irving, ( ia masih keponakan dari Washington Irving). Ia melaporkan bahwa hantu Irving juga pernah muncul di rumahnya di Sunnyside wilayah Tarrytown.

Menurut Pierre, Suatu ketika pada malam hari ia bersama dengan kedua anak putrinya sedang duduk dikursi ruang utama, tiba-tiba mereka dikejutkan sekelebat bayangan memasuki kesebuah ruang meja kerja, yang biasa sering dipakai Washington Irving untuk menulis karyanya.


Dan secara tiba – tiba putrinya yang masih kecil berteriak “Lihat… itu kakek” padahal ketika itu tak seorang pun berada di sana!


  Baca Juga Cerita Lainnya :



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




1 komentar:

  1. https://www.wattpad.com/story/74708924-si-manis-jembatan-ancol-reborn

    ReplyDelete

Popular Posts