Gorgon

Posted by

CSH - Gorgon digambarkan sebagai sosok wanita yang jahat dengan ciri –ciri mempunyai gigi taring yang tajam dan berambut yang banyak ditumbuhi ular. Legenda mengatakan jika orang menatap atau melihat wajah Gorgon secara langsung orang tersebut akan berubah menjadi batu.

Dalam sebuah karya satra cerita mitologi Yunani gorgon dikenal bagian dari makhluk-makhluk perempuan yang sangat menakutkan, Kata harfiah dari Yunani, Gorgon (Yunani : Γοργών atau Γοργώ, Gorgon/Gorgo/Gorgós), berarti berujuk pada kata "mengerikan".

yaitu secara tidak langsung mengacu pada tiga saudari yang berambut ular tersebut, atau juga mengacu pada kemampuannya yang dapat merubah seseorang menjadi batu, cukup dengan memandangnya, karena mungkin kemampuannya inilah yang menyebabkannya mengacu pada kata ‘’Mengerikan’’.

Diantara jenis Gorgon yang paling terkenal adalah Medusa, kemungkinan Medusa adalah merupakan sosok satu-satunya wanita yang paling besar dari diantara 3 bersaudaranya (yang lain adalah Euryale dan Stheno).

Karena Medusa memiliki tubuh yang sangat besar sekali, Perseus cuma bisa membunuhnya dengan cara memotong kepalanya selagi ia sedang melihat bayangannya sendiri pada perisai Perseus.

Dalam mitologi yunani Gambaran Gorgon digunakan untuk menggambarkan lambang sebuah kejahatan, Gorgon adalah bagian makhluk yang paling populer dalam cerita mitologi Yunani.


karena dipercaya memiliki kekuatan pandangan mata yang mistis, maka Patung Gorgon sering dipasang pada benda atau sebuah bangunan yang dipercaya untuk simbol perlindungan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




0 komentar:

Post a comment

Popular Posts